September 14, 2013

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang diperlukan oleh peneliti terkait dengan penelitian yang dilakukan. Metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara studi literatur atau studi pustaka, kuesioner, wawancara, dan observasi.

Studi Literatur/ Studi Pustaka
Merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah data pustaka (Zed, 2004: 3). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pembelajaran dan pemahaman terhadap data yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dengan maksud untuk membuat suatu inovasi terhadap penelitian tersebut.
Kuesioner
Kuesioner merupakan suatu tekni atau cara pengumpulan data dengan cara peneliti tidak langsung bertanya dengan responden melainkan melalui suatu media cetak tertentu yang berisi daftar pertanyaan yang harus dijawab dan di respon oleh responden (Guritno, 2011: 126).
Wawancara
Wawancara adalah suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya. Wawancara digunakan apabila ingin mengetahui informasi dari responde yang lebih mendalam terhadap permasalahan tersebut, serta jumlah responden sedikit (Guritno, 2011: 131).
Observasi
Observasi adalah melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan. Objek penelitian dengan metode ini bersifat prilaku, tindakan manusia, fenomena alam, proses kerja, dan penguunaan responden kecil. Atau secara sederhana, Observasi dikatakan sebagai suatu teknik atau cara mengumpulkan data dengan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung (Guritno, 2011: 134).


Tidak ada komentar: