Februari 23, 2014

Obat Tradisional untuk Penyakit Kulit

Lagi beresin file - file dalam Hardisk, admin nemuin file yang berisikan pembahasan mengenai penyakit kulit, lupa ini punya siapa tapi ga ada salahnya di share ^^

Obat Tradisional untuk Penyakit Kulit

Jambu mete
Daun Salam
Berbagai penyakit kulit yang umum dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti kutilpanu, kadas, dan kurap, selain itu ada pula penyakit kulit jenis kudis, gatal - gatal, borok, kulit terluka, bisul, eksim, dan sebagainya. Sehingga banyak di temukan obat - obat tradisional yang digunakan untuk pengobatan penyakit kulit tersebut. Obat tradisional tersebut di antaranya :

- Daun Salam

  untuk pengobatan luar; dapat digunakan bagian daun/ kulit/ batang/ akar salam. Cuci bersih, lalu giling halus sampai berbentuk adonan bubur. Kemudian balurkan ke bagian yang gatal dan dibalut. Biarkan hingga gatalnya hilang. 


- Jambu Mete

  Olesi dengan getah buah jambu monyet/ jambu mete (Anarcadium occidentale L), lakukan selama beberapa hari hingga luka tersebut mengering.


Daun Dewa

  Tumbuk 5 lembar daun dewa hingga halus, lalu lumurkan daun tersebut ke bagian yang memiliki kutil, buat sampai merekat, lalu biarkan hingga satu hari. Keesokan harinya rekatan ini dapat di lepas.
Daun Dewa

- Bunga Teratai

  Siapkan mahkota bunga teratai, lalu di bakar. Abu yang dihasilkan merupakan bagian yang dapat di jadikan obat. Abu ini dapat di manfaatkan sebagai pengobatan luar untuk bisul, eksim, dan berbagai penyakit kulit lainnya. 
  Sedangkan serbuk dan benang sari jika di campurkan dengan madu dan keju akan menjadi obat penyakit wasir. 

Daun Biduri
- Daun Biduri

  Bagi penderita penyakit kulit, gatal - gatal, dan luka pada kulit. Dapat dibuat ramuan yang diracik dari daun biduri dan minyak kelapa. Daun tersebut di olesi minyak kelapa, lalu di layukan di atas perapian. Setelah itu daun di tempel ke bagian yang luka/ gatal. Sebelum di obati, jangan lupa untuk membersihkan bagian yang akan di obati dengan air hangat atau alkohol 70%.

- Brotowali

  Untuk anak - anak yang terkena kudis di anjurkan mandi dengan rebusan air brotowali. Dengan memotong/ merajang 1 batang brotowali (kurang-lebih 1 cm), lalu campurkan ke dalam air  (kurang-lebih 4 liter), dan rebus hingga mendidih. Setelah itu air rebusan di masukkan ke dalam wadah untuk mandi dan ditambahkan air dingin secukupnya, mandikan anak - anak anda sambil merendamkan tubuhnya.

- Jahe dan Lobak

Daun Brotowali
  Parut rimpang jahe, lalu peras untuk mendapatkan ekstraknya. Campurkan hasil tersebut dengan parutan lobak, kemudian campurkan keduanya. Setelah itu ramuan dapat di oleskan ke bagian kulit yang terkena eksim.

- Lengkuas

  Pengobatan luar dapat dilakukan dengan mengoleskan ramuan kebagian yang sakit. 
  Ramuan dapat dibuat dengan: menumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawah putih (perbandingan lengkuas dan bawang putih adalah 1:4) sampai menjadi bubur, kemudian oleskan/ tempelkan di tempat yang sakit/ luka.
  Tambahkan ramuan tersebut juga dapat membantu menyembuhkan kurap yang telah menahun dengan menambahkannya dengan cuka.
   Lengkuas juga berguna untuk penyakit panu, dengan menyediakan rimpang lengkuas segar, cacah hingga seratnya timbul, kemudian dapat di gosokkan pada bagian yang sakit.  

Tidak ada komentar: