April 13, 2015

Magnet

Kata magnet berasal dari bahasa Yunani yaitu magnes atau magnetis lithos yang berarti batu dari magnesia. Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda-benda lain di sekitarnya seperti besi, baja, dan kobalt.

Dalam dunia industri terdapat tiga jenis magnet yang digunakan yaitu Flexible magnet, Ferrite magnet, dan Magnet Neodymium. Berikut ini penjelasannya ...

FLEXIBLE Magnet


Flexible magnet banyak digunakan untuk membuat mainan anak-anak yang bisa ditempelkan di buku, di whiteboard, di kulkas dan lain-lain. Di atas flexible magnet tersebut ditampilkan gambar-gambar. Selain itu flexible magnet juga digunakan untuk mikro-motor, gasket.

Flexible magnet diproduksi dari campuran bubuk magnet Feritte magnet, Neodymium magnet dan binder karet sintetis atau alami. Flexsibel magnet diproduksi dengan metode rolling (alendaring) atau ekstrusi. Keunggulan Ferrite Flexible Magnet adalah fleksibilitas, biaya rendah, dan kemudahan penggunaan.


FERRITE Magnet (Ceramic)

Ferrite magnet digunakan dalam industri mainan, industri furnitur, industri mesing seperti induktor elektronik, transformer, speaker suara. Selain itu untuk sistem kabel listrik dan kabel komputer, ferrite magnet digunakan untuk mengurangi arus eddy. Elektromagnet yang dihasilkan oleh ferrite magent menyebabkan tahanan listrik tinggi mengurangi arus eddy. Kalau diperhatikan benjolan di kabel komputer, yang disebut manik ferit, yang membantu untuk mencegah noise frekuensi tinggi listrik (gangguan frekuensi radio) dari keluar atau masuk peralatan.

Ferrite magnet merupakan bahan yang paling banyak digunakan dan diproduksi di dalam industri. Harga ferrite magnet lebih rendah karena oleh bahan baku murah, melimpah. Ferrite magnet memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi dan dapat beroperasi di panas sedang.

Ferrites adalah senyawa kimia, keramik dengan besi (III) oksida. Kebanyakan adalah bahan magnetik dan digunakan untuk membuat magnet permanen, core ferit untuk transformator, dan dalam aplikasi lainnya.


NEODYMIUM Magnet

Magnet Neodymium adalah jenis magnet langka-bumi, magnet permanen terbuat dari paduan neodymium, besi, dan boron. Bahan ini merupakan jenis yang magnet permanen yang paling kuat.

Magnet Neodymium memiliki beberapa kelebihan dibandingkan magnet jenis lain:
  • Kekuatan medan magnet
  • Resistensi terhadap kehilangan daya magnetik
  • Kepadatan energi magnetik
  • Ketahanan terhadap suhu tinggi
Neodymium magnet tidak tahan terhadap korosi, sehingga di - coating.

Tidak ada komentar: