Oktober 23, 2018

Coco Movie



Finally, akhirnya saya nonton film Coco. Animasi yang diproduksi oleh Studio Animasi Pixar pada tahun 2017. Film ini sendiri di rilis oleh Walt Disney Pictures dan disutradarai oleh Lee Unkrich dan Adrian Molina.

Image result for film coco
Film Coco berlatar belakang sebuah desa di Meksiko dengan tokoh utama seorang anak laki-laki yang berkeinginan menjadi seorang musisi, anak ini bernama Miguel. Akan tetapi neneknya sangat keras melarang keturunan keluarganya menjadi seorang musisi, ia membencinya. Hal ini dikarenakan neneknya sangat menyayangi ibunya, bernama Coco, yang sudah tua dan jika mendengar hal yang berkaitan dengan musik akan mengingatkannya untuk mencari ayahnya yang hilang.

Suatu hari secara tidak sengaja Miguel merusak foto nenek buyutnya, ibu Coco, yang ada diofrenda dan menyimpulkan bahwa ia adalah cucu buyut Ernesto, legendaris musisi. Ia pun mencoba memasuki pertunjukan bakat untuk Día de Muertos (Hari Peringatan bagi Orang-orang yang Telah Meninggal), namun neneknya, Elena, menghancurkan gitarnya. Miguel pun marah namun ia tidak putus asa, lalu ia pergi ke makam kakek buyutnya untuk meminjam gitar. Akan tetapi hal mistik terjadi ketika dia memetiknya, dia terkena kutukan dan menjadi tidak terlihat oleh semua orang, kecuali oleh anjingnya. Ia pun kebingungan dan secara tidak sengaja bertemu dengan keluarganya yang telah meninggal.

Saat di alam arwah, ia mengetahui hal baru bahwa seseorang yang fotonya di hapus dari Ofrenda tidak dapat berkunjung Negeri Orang Mati, dimana setiap arwah yang tidak dapat menyebrang kesana karena di lupakan akan menghilang. Nenek buyutnya, Imelda, yang fotonya tidak ada di Ofrenda tidak dapat berkunjung ke sana dan mengetahui bahwa fotonya di pegang Miguel pun marah. Untuk menempatkan kembali fotonya dan mengembalikan Miguel ke dunia nyata sebelum matahari terbit, jika terlewat maka Miguel akan selamanya didunia arwah, Miguel harus mendapatkan berkah dari keluarganya. Berkah dari Imelda menyatakan Miguel harus berjanji tidak boleh menjadi musisi, namun Miguel tidak dapat menepati janjinya dan kembali ke dunia arwah. Ia tidak mau diberkahi oleh nenek Imelda dan kabur mencari kakeknya yang musisi. 

Banyak hal yang terjadi dan Miguel pun bertemu dengan Hector. Ia dan Hector saling bekerjasama, Hector akan membantunya bertemu dengan kakek buyutnya dan Ia akan membantu Hector untuk bertemu dengan Coco, anaknya, dengan menempatkan fotonya di Ofrenda sebelum ia dilupakan. Banyak petualangan dan fakta-fakta kehidupan yang menyatakan Hector adalah bagian dari keluarga Miguel...

Siapa sebenenarnya Hector? dan apakah Miguel bisa kembali kedunia nyata? Lalu bagaimana dengan nasib Imelda yang tidak bisa menyebrang ke negeri kematian? dan keluarga Miguel di dunia nyata?

Emm.. singkatnya, 
Ternyata Ernesto bukan kakek buyut dari Miguel dan ia adalah orang jahat yang membunuh kakek buyutnya dengan cara meracuni lewat minuman. Hal ini dilakukan oleh Ernesto agar mendapatkan ketenaran dalam bermusik dengan mencuri karya dari kakek buyut Miguel. Nenek buyut Miguel pun ternyata seorang penyanyi bersuara indah yang sangat mencintai musik, namun membencinya ketika ia ditinggalkan tanpa kabar oleh kakek buyutnya. 

Yup, Hector, ia adalah kakek buyut dari Miguel. dan sedihnya orang yang mengingat tentang Hector hanya anaknya saja, Coco, yang merupakan nenek Miguel. 

Waktu pun semakin mempet dan Hector nyari hilang karena ingatan nenek Coco, alias Mama Coco, semakin melemah. Nenek Imelda pun segera memberikan berkah ke Miguel ke dunia nyata untuk menyelamatkan kakeknya. Akan tetapi foto satu-satunya milik Hector jatuh ke jurang dan tidak dapat di ambil saat masih di dunia arwah. Miguel pun teringat lagu yang disukai Mama Coco, dari cerita Hector. Sambil menyanyikan lagu tersebut  nenek Coco pun ikut bernyanyi dan bertanya dimana papa, Miguel dengan yakin menjawab Papa dari Mama Coco sangat mencintainya, lalu Mama Coco bercerita tentang papanya, Hector. Akhirnya, kenyataan pun muncul berdasarkan surat yang disimpan oleh Nenek Coco berisi bukti bahwa Ernesto mencuri musik Héctor; Akibatnya, warisan Ernesto hancur dan masyarakat melupakannya dan menghormati Héctor sebagai gantinya. Happy Ending~

Jadi tahu kan sekarang kenapa judulnya 'Coco'

Pokoknya pesan dari film ini,
1. Betapa besar kasih sayang keluargamu
2. Musik satu-satunya hal yang bisa menyampaikan pesan
3. Ingatlah untuk mendoakan keluargamu yang telah tiada



on Youtube

Tidak ada komentar: