Facebook adalah salah social media yang dapat membantu dalam kegiatan promosi bisnis anda karena situs social media ini memiliki user yang sangat banyak dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Sehingga Facebook Fans Page adalah sebuah keharusan dalam kegiatan inbound marketing bisnis anda. Ada perubahan yang dilakukan oleh pihak facebook pada Facebook page untuk bisnis baik pada skala kecil – perubahan fitur baru yang selalu muncul dari waktu ke waktu – maupun perubahan dalam skala yang lebih besar – pada saat perubahan Facebook dalam bentuk timeline.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat Facebook Fans Page untuk bisnis anda:
5. Ukur upaya yang telah anda lakukan
Setelah membangun facebook bisnis anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan untuk mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook marketing.
Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang berfungsi untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis anda semakin bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook.
sumber: https://www.maxmanroe.com/6-media-sosial-terbaru-yg-diperkirakan-akan-booming-di-2015.html
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat Facebook Fans Page untuk bisnis anda:
1. Pertama, login ke akun Facebook Anda
Setelah anda login ke akun FB, buka URL : https://www.facebook.com/pages/create.php di tab baru.
Pada halaman tersebut anda akan diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi tersebut. Ini adalah klasifikasinya:
2. Isi informasi tentang page Anda
3. Gunakan Panel Admin Anda
Panel admin adalah halaman utama FB page anda. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB page anda dan memonitor kegiatan di dalam page anda.
A. Edit Page
Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda, akan lebih baik lagi bila anda mengisi halaman itu dengan konten. Setalah anda mengisinya dengan konten, lalu anda bisa mengundang karyawan, teman, keluarga anda untuk berinteraksi dalam page anda dan meminta mereka untuk men-share isi page anda. Nah setelah interaksi lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar, akan lebih baik bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan pada Facebook.
4. Isi halaman Facebook Page dengan konten
A. Memasang Foto Cover
Anda perlu memasang foto cover/sampul untuk facebook bisnis anda, ukurannya adalah 851 X 315 pixel. Buat cover yang kreatif agar pengunjung menjadi lebih tertarik.
B. Mengatur Tabs
Anda dapat mengatur tabs pada halaman FB sesuai dengan keinginan. Sebaiknya anda mengatur tabs dengan lebih baik sesuai dengan kategori kegiatan anda, misalnya video, foto, event, dan lainnya. Membuat tabs dengan teratur akan membuat pengunjung anda lebih mudah untuk mengenal bisnis anda.
C. Membuat Posts
Pastikan anda memberikan konten yang beragam ketika anda memposting di dalam halaman FB bisnis. Pertimbangkan juga untuk membuat gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan bisnis anda, sehingga membuat pengunjung anda akan membagikan konten anda pada timeline mereka.
D. Lakukan pengamatan
Memiliki halaman FB page yang cantik memang sangat memuaskan tapi anda juga harus melakukan pengamatan dan memantau interaksi fans anda secara terus menerus. Pastikan anda membalas komentar dan pesan yang dikirimkan oleh fans anda. Bila anda melakukannya secara continue, anda akan melihat fans anda bertambah terus menerus dan membantu bisnis anda semakin berkembang.
Setelah anda login ke akun FB, buka URL : https://www.facebook.com/pages/create.php di tab baru.
Pada halaman tersebut anda akan diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi tersebut. Ini adalah klasifikasinya:
- Local business or place
- Company, organization or institution
- Brand or product
- Artist, band or public figure
- Entertainment
- Cause or Community
- Upload foto untuk page bisnis anda
Untuk membuat halaman FB bisnisterlihat lebih profesional sebaiknya anda memasang foto dengan kualiatas resolusi yang baik karena foto itu akan terlihat setiap anda membuat postingan baru, news feed atau membalas komentar orang lain. Sebaiknya anda memasang logo bisnis anda atau sebuah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Disarankan untuk memasang foto dengan ukuran 180×180 pixel pada profile picture anda, dan memiliki kualitas gambar yang baik. - Mengisi halaman “About” untuk FB page bisnis anda
Pada bagian ini anda perlu mengisinya dengan uraian singkat mengenai bisnis anda, mungkin anda perlu mengisinya dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis anda lebih jelas. Pastikan anda juga memasukkan URL atau link menuju website bisnis anda.
Panel admin adalah halaman utama FB page anda. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB page anda dan memonitor kegiatan di dalam page anda.
A. Edit Page
Pilihan edit page menyediakan beberapa pilihan, yaitu:
- Opsi untuk update info yang memungkinkan kita untuk memperbarui informasi dasar pada FB page anda misalnya anda ingin mengganti deskripsi pada bagian “About”.
- Opsi untuk mengatur peran administrator untuk halaman FB page anda. Hal ini memungkinkan anda untuk mengundang karyawan atau rekan bisnis anda untuk menjadi admin FB anda. Mereka dapat membantu anda untuk membalas komentar atau update status tentang bisnis anda tanpa harus memberikan kekuatan penuh atas halaman FB page anda.
- Opsi lain yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan notifikasi dan ijin untuk menambah halaman.
B. Membangun Audience Anda
Jangan mengundang user lain untuk melihat halaman FB bisnis yang baru selesai dibuat, karena user/audience tidak melihat apa-apa pada halaman FB bisnis ini (belum ada update konten).
Jangan mengundang user lain untuk melihat halaman FB bisnis yang baru selesai dibuat, karena user/audience tidak melihat apa-apa pada halaman FB bisnis ini (belum ada update konten).
Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda, akan lebih baik lagi bila anda mengisi halaman itu dengan konten. Setalah anda mengisinya dengan konten, lalu anda bisa mengundang karyawan, teman, keluarga anda untuk berinteraksi dalam page anda dan meminta mereka untuk men-share isi page anda. Nah setelah interaksi lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar, akan lebih baik bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan pada Facebook.
A. Memasang Foto Cover
Anda perlu memasang foto cover/sampul untuk facebook bisnis anda, ukurannya adalah 851 X 315 pixel. Buat cover yang kreatif agar pengunjung menjadi lebih tertarik.
B. Mengatur Tabs
Anda dapat mengatur tabs pada halaman FB sesuai dengan keinginan. Sebaiknya anda mengatur tabs dengan lebih baik sesuai dengan kategori kegiatan anda, misalnya video, foto, event, dan lainnya. Membuat tabs dengan teratur akan membuat pengunjung anda lebih mudah untuk mengenal bisnis anda.
C. Membuat Posts
Pastikan anda memberikan konten yang beragam ketika anda memposting di dalam halaman FB bisnis. Pertimbangkan juga untuk membuat gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan bisnis anda, sehingga membuat pengunjung anda akan membagikan konten anda pada timeline mereka.
D. Lakukan pengamatan
Memiliki halaman FB page yang cantik memang sangat memuaskan tapi anda juga harus melakukan pengamatan dan memantau interaksi fans anda secara terus menerus. Pastikan anda membalas komentar dan pesan yang dikirimkan oleh fans anda. Bila anda melakukannya secara continue, anda akan melihat fans anda bertambah terus menerus dan membantu bisnis anda semakin berkembang.
Setelah membangun facebook bisnis anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan untuk mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook marketing.
Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang berfungsi untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis anda semakin bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook.
sumber: https://www.maxmanroe.com/6-media-sosial-terbaru-yg-diperkirakan-akan-booming-di-2015.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar