Maret 05, 2015

Tips Sederhana Optimasi Fan Page Facebook


Jejaring sosial memberikan bantuan terhadap proses pemasaran dari produk bisnis kita. Facebook merupakan layanan jejaring sosial terbesar saat ini, kita dapat memanfaatkan Facebook sebagai pemasar bisnis kita. Di Facebook kita dapat membuat sebuah halaman khusus untuk produk, perusahaan, band, tokoh, atau yang lainnya.

Berikut ini beberapa tips sederhana (di lansir iCrossing dan dikutip Fanspage-Id) untuk optimasi Fan Page Facebook kita agar menarik visitor berinteraksi didalamnya yaitu masukkan perintah 'A Call To Action',  isi postingan bersifat 'To The Point', membuat postingan yang meminta tanggapan secara singkat, melakukan Pin terhadap postingan, isi postingan atau interaksi tetap santai namun tepat, dan sertakan gambar dalam setiap postingan.

Berikut penjabaran tergadap poin-poin diatas :

1. Masukkan 'A Call To Action'

Dalam setiap postingan di Fan Page, berikan kalimat perintah ke pengunjung untuk melakukan sesuatu, seperti dengan kata perintah untuk mengeklik "Suka" atau "Like", lebih memberikan potensi dalam memperoleh banyak "Like" 240% daripada postingan yang tidak ada kata perintah tersebut (hasil analisi iCrossing).

Selain itu, postingan yang berjenis masukan atau voting dari pengunjung juga dapat mengumpulkan komentar sebesar 70% lebih.

Hal-hal tersebut membuktikan engaruh ajakan dari postingan membuat interaksi lebih baik kepada para pengunjung.


2. To The Point

Postingan dengan kata/kalimat yang berbelit-belit tidak akan bekerja pada pengunjung. Artinya, artikel yang lebih banyak keterangan 'tidak pentingnya' akan mudah di lewati begitu saja oleh para pengunjung. Justru postingan yang langsung kepada inti atau singkat dan jelas lebih menarik minat pembaca atau pengunjung.


Dengan memposting pertanyaan (kira-kira 144 karakter) saja dapat direspon pengunjung sebesar 129% dibanding dengan postingan panjang tanpa pertanyaan. 

Berdasarkan Analisa iCrossing:
Jika di tweet pertanyaan anda tidak muat karena batas karakter, lain dengan Facebook.Tulisan dengan lebih dari satu pertanyaan menghasilkan komentar 37% lebih sedikit dibandingkan dengan satu pertanyaan.Pertanyaan yang di ikuti Link mendapatkan respon yang normal. Namun, Link yang di ikuti pertanyaan mendapat 60% respon yang lebih sedikit.

3. Mintalah Tanggapan Singkat

Sama seperti pengguna tidak ingin membaca posting yang panjang, mereka tidak ingin terlalu teknis dengan komentar mereka.

Penelitian menemukan bahwa pertanyaan sederhana seperti mengisi kata/kalimat kosong yang diikuti kalimat utama. Misalnya: "Makanan Favorit saya adalah____" menerima respon 370% lebih daripada ketika sebuah perusahaan mencatat pertanyaan terbuka seperti: "Apa makanan favorit Anda?".

Ketika postingan di Fan Page memberikan pertanyaan pilihan seperti "Bakso atau Mie Ayam?" postingan menerima sedikit lebih banyak ketimbang pertanyaan terbuka seperti yang di atas, kira-kira 18%.

Namun, iCrossing mencatat bahwa halaman tidak harus menggurui atau memperintahkan pembaca mereka dengan memberikan instruksi khusus untuk respon mereka. 


4. Pin Tulisan Penting

Facebook memungkinkan administrator halaman untuk pin satu posting, sehingga memberikan keunggulan lebih tinggi pada halaman. iCrossing percaya pin pada posting dapat meningkatkan interaksi "Like" dan "Comment".


5. Tetap Santai Namun Tepat

Fan Page merupakan perusahaan Investasi atau Bank, mungkin terkadang admin akan meng-update status atau mem-posting hal-hal yang formal atau berhubungan dengan fokus perusahaan. Padahal mem-posting hal-hal diluar tersebut sangat penting dengan nada postingan yang santau dan komunikatif terhadap follower Fan Page perusahaan.


Berikut adalah catatan iCrossing:
"Setelah peninjauan secara visual terhadap ratusan potingan yang sukses, kami melihat bahwa nada yang santai dalam percakapan jauh lebih menarik daripada nada formal. Kami menyebutnya prinsip "Water Cooler", 
Hal tersebut menyatakan bahwa ada beberapa nada dalam percakapan dan topik yang akan mendorong percakapan pada kantor yang 'dingin' atau formal dan lainnya yang akan membuat karyawan jenuh dan meninggalkan pekerjaan. Pengunjung tidak akan senang dan meninggalkan Fan Page kita, jika Fan Page hanya berisi posting-an tentang produk secara terus-menerus dan tidak melakukan komunikasi yang interaktif dan bersahabat.


6. Posting Gambar

Pengguna Facebook cendrung lebih suka melihat/memperhatikan posting-an gambar dibandingkan artikel berbentuk teks. Sehingga Fan Page kita harus sering memberikan gambar-gambar menarik sehingga membuat pengunjung turut berinteraksi didalamnya, baik mengeklik "Post", "Like", "Share", atau memberikan "Comment". Hal ini sesuai dengan pepatah yang menyatakan 'Gambar mewakili 1.000 kata'. 


sumber: http://www.fanspage-id.com/2012/11/6-tips-sederhana-optimasi-fan-page.html

Tidak ada komentar: