Keberanekaragaman media sosial di
masa kini dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan bisnis. Dengan konsep
yang lebih modern, lebih unik, pebisnis modern mencoba untuk
menyampaikan visi dan misi bisnis mereka melalui media sosial yang saat
ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dari
bermacam-macam tingkat ekonomi. Hal ini memang cukup unik dan kreatif,
mengingat media sosial telah menjadi media penyebaran informasi yang
sangat efektif dan mempengaruhi persepsi banyak orang.
Walaupun menggunakan media sosial adalah
sebuah strategi bisnis yang tepat, kita tentu harus memahami esensi
penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Melalui persamaan
persepsi dengan para pengguna media sosial lainnya, kita dapat mencari
tahu mengenai ekspektasi apa yang diharapkan dari produk bisnis tersebut.
Agar lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media
sosial sebagai sarana pemasaran, pelajari dulu beberapa triknya
(dari maxmanroe.com), berikut ini:
1. Tentukan Target dan Jenis Media yang akan Digunakan
Kalangan mana yang menjadi target kita
dalam memasarkan produk? Apakah target kita adalah pengguna media sosial
yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, atau kalangan
eksekutif muda yang memiliki segudang rutinitas?
Ini tentu harus kita pelajari terlebih
dahulu. Pada umumnya mungkin produk-produk kuliner bisa menjangkau pasar
yang lebih luas, sementara produk-produk teknologi dengan harga yang
cukup mahal lebih baik difokuskan pada kalangan eksekutif muda atau
mahasiswa yang ekonominya memadai.
Selain memutuskan kalangan mana yang
akan dijadikan target, kita juga harus fokus memilih media sosial mana
yang cocok untuk memasarkan produk kita. Gunakan saja media sosial yang
memiliki banyak pengguna seperti Facebook,
Twitter atau Instagram. Kita juga bisa menggunakan forum-forum
Indonesia yang sering dikunjungi oleh para pengguna internet, seperti
Kaskus dan Detik.com. Buatlah perpaduan yang membuat pengguna internet
merasa pemasaran, misalnya berikan posting singkat di Twitter atau
Instagram untuk mengarahkan para audience ke halaman yang lebih besar
lagi, seperti forum atau Facebook Page.
2. The Power of Creative Content
Konten yang seru dan kreatif menjadi
salah satu kunci kesuksesan pemasaran melalui media sosial. Konten yang
seru akan membuat para pengguna internet tertarik untuk selalu mengikuti
informasi yang kita berikan. Pilihlah konten yang unsur viralnya (unsur
share) tinggi. Pengguna internet akan merasa tertarik untuk membagikan
informasi yang menarik.
Kesempatan yang diperoleh dari share
tersebut bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi
dan produk bisnis kita. Dan usahakan untuk membuat konten yang singkat,
padat namun menarik agar pengguna internet tak merasa malas untuk
membacanya,
3. Jalinlah Komunikasi Efektif Secara Personal
Menentukan target bisnis sudah, memilih
konten dan jenis media sosial yang tepat juga sudah. Sekarang saatnya
untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang sekitar kita. Memiliki
banyak teman Facebook, Twitter atau media sosial lainnya merupakan hal yang positif untuk mulai memperkenalkan bisnis kita.
Coba berikan posting, tweet atau wall
post secara internal agar mereka bisa lebih mengenal produk bisnis kita.
Langkah ini mungkin efektif bila mereka merasa senang dan ingin
membagikan informasi kepada kerabat-kerabat lainnya.So, jangan bosan
untuk menjalin hubungan baik dengan kenalan-kenalan di media sosial.
4. Carilah Pihak yang Tepat
Memilih key opinion leader (influencer)
yang tepat memang perkara yang susah-susah gampang. Orang yang aktif
menggunakan media sosial setiap hari, punya gaya penyampaian yang seru
dan punya banyak followers adalah kriteria influencer yang tepat. Kita
dapat bekerjasama dengan influencer tersebut untuk mempromosikan bisnis
secara efektif melalui media sosial.
Contoh nyatanya yakni, bila kita memiliki bisnis kuliner,
maka kita bisa menjalin hubungan baik dengan food-blogger dan
memberitahukan mengenai varian produk dan keunggulan bisnis kita. Dengan
demikian food-blogger tersebut tentu tertarik untuk mempopulerkan
produk kuliner kita. Ia dapat meyakinkan banyak orang mengenai
keunggulan dan citarasa produk kuliner kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar