Untuk menentukan waktu terbaik kapan
anda bisa memposting konten promosi anda di sosmed memang gampang
gampang susah. Estimasi di bawah ini bisa saja digunakan sebagai patokan
umum, namun disarankan untuk melakukan research sendiri untuk
menentukan kapan waktu terbaik posting di media sosial Anda.
Hal tersebut dikarenakan sifat konsumen
dari tiap produk berbeda-beda, terlebih lagi karena beda tempat bakal
beda pula pola hidup orangnya. Ada yang lebih cenderung beraktifitas di
pagi hari, ada yang senggang dan punya waktu di sore hari atau ada pula
yang baru bisa membuka akun sosmed nya di malam hari. Dengan sedikit
kejelian melihat target kita, usaha promosi di sosmed bisa berjalan
dengan lebih baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.
1. Facebook
Bagi anda yang sering menggunakan #Facebook untuk
berpromosi ria, waktu yang paling tepat posting konten anda adalah
mulai pukul 9 pagi hari hingga pukul 3 sore. Pengguna akan mulai menurun
mulai jam 4 sore hingga menjelang malam hari. Mengenai harinya,
pengguna Facebook lebih “melimpah” sejak hari Senin hingga Rabu.
Waktu yang kurang baik untuk posting di
FB adalah mulai pukul 8 malam hingga 8 pagi. Utamanya di waktu weekend
sabtu dan minggu. Namun di Indonesia sendiri pengguna Facebook saya kira
masih cukup banyak yang mengakses FB di rentang waktu malam hari dan
menjelang tengah malam. Malah fenomena yang saya tangkap waktu tersebut
adalah waktu yang banyak digunakan para pengguna (utamanya laki-laki)
untuk mencari hal-hal yang mereka butuhkan.
2. Twitter
Karena sifatnya yang simple dan langsung ke intinya, #Twitter memang
banyak dipuja sebagai alat promosi online yang terbaik. Untuk Twitter
waktu terbaik yang bisa Anda pilih adalah setelah jam 11 siang, pada
waktu itu trafik Twitter mulai tumbuh dan mencapai puncak pada jam 3
sore (pukul 11 siang hingga 3 sore).
Menurut riset tersebut juga menyebutkan
hari Senin dan Selasa menjadi waktu yang terbaik. Dan hindarilah posting
pada jam 8 malam hingga 9 pagi. Hari yang kurang baik untuk nge-tweet
promosi kita adalah Jumat. Kenapa? Karena menurut riset pada hari
tersebut lebih banyak pekerjaan offline yang dikerjakan.
3. Google+
Sosial media besutan #Google ini
memang belum sepopuler kedua kakak kelasnya di atas tadi, namun
sebenarnya potensi nya cukup besar lho. Apalagi buat Anda yang memiliki
target pasar luar negeri, Google+ bisa
menjadi alternative yang tepat. Menurut data yang saya dapatkan, waktu
terbaik untuk posting di G+ adalah pada pukul 9 pagi dengan puncak
pengguna pada pukul 11 siang.
Menjelang sore hari, trafik nya akan
makin menurun terutama bagi anda yang sering posting berita sangat
disarankan untu tidak memposting setelah jam 6 hingga 8 malam. Menurut
saya ini juga dipengaruhi oleh keterkaitan G+ dan Gmail yang amat erat.
Jadi perilaku akses layanan email Google tersebut juga akan memberi
pengaruh yang besar pada trafik G+.
4. Pinterest
Pinterest adalah
sosial media photo sharing yang masih belum terlalu lama muncul namun
sudah menjadi lahan promosi yang potensial. Dari pandangan saya, di
Indonesia sendiri pola karakter pengguna Pinterest memang sangat
membantu makin suburnya promosi online via sosmed tersebut. Bahkan,
banyak #ecommerce baik pribadi maupun koorporat yang menggunakan Pinterest sebagai “etalase” bisnisnya.
Dari data SocialBarel menunjukkan fakta
yang unik. Waktu terbaik yang bisa kita manfaatkan adalah setelah jam 12
siang, tepatnya pukul 2 hingga 5 sore. Namun sebaiknya Anda stop pada
pukul 5 hingga 7 sore, karena pada waktu tersebut para pengguna
Pinterest cenderung turun. Baru setelah itu pukul 8 malam hingga tengah
malam, aktifitas promosi di Pinterest bisa anda lanjutkan kembali. Hal
ini menunjukkan bahwa pengakses Pinterest memang lebih banyak muncul di
malam hari dan menjelang pagi hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar