Juli 17, 2015

Cara Menggunakan Get Data Back


Get Data Back merupakan software untuk membantu mengembalikan data anda yang hilang atau istilah kerennya Recovery Data. Namun tidak semua jenis data yang hilang bisa dikembalikan, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba software yang satu ini.

Sebenarnya proses penghapusan atau data yang kita hapus itu langsung hilang dari komputer, karena dibalik itu semua ada proses. Data yang lama akan tetap tersimpan dalam sector harddisk hingga ada data atau file baru yang ditulis sistem. Sehingga bila anda mengalami kehilangan atau tidak sengaja menghapus data atau file yang penting, maka lakukan langkah P3K terlebih dahulu yaitu dengan tidak melakukan perubahan data dalam harddisk tersebut baik menambah atau mendelete data. Karena dengan anda menambah data baru dalam harddisk maka data baru tersebut akan menempati sector harddisk anda yang kosong. Begitu pula bila anda mendelete data maka kemungkinan data berpindah sector bisa terjadi.

Jadi intinya adalah bila data file anda hilang maka langkah pertama adalah jangan melakukan penambahan data baru atau medelete data.
Berikut adalah cara mengembalikan data yang hilang dengan menggunakan software Get Data Back :
  1. Instal software Get Data Back terlebih dahulu.

    Jika belum punya maka download disini, FAT (http://www.runtime.org/gdb.zip) atau NTFS (http://www.runtime.org/gdbnt.zip). Pilih yang NTFS untuk windows XP, windows 7, dll. Dan pilih FAT untuk windows 2003, windows 98 kebawah.
  2. Setelah install, maka jalankan software tersebut. Maka akan muncul tampilan seperti :


    Pilih “I want to recover deleted files” – Next
  3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti :



    Bila data anda yang hilang berada di drive D:, maka pilih drive D:. kemudian Next. Maka setelah itu akan muncul data2 baik yang terhapus atau tidak terhapus. Ciri data yang terhapus adalah tulisan text tercoret.

    Akan tetapi bila muncul tampilan warning seperti dibawah ini, maka versi Software Get Data Back yang anda install adalah salah. Maka solusinya adalah melakukan proses instalasi kembali.

    Contoh untuk warning dibawah ini adlah seharusnya saya menginstal software Get Data Back versi FAT.



    Dan bila proses benar maka tampilan akan seperti :





    Tunggu saja …
  4. Langkah selanjutnya adalah menyeleksi data yang hilang kemudian pilih menu copy dan tentukan destination folder / data yang hilang mau ditaruh mana.



    Klik Next



    Kemudian pilih mana file data yang mau di kembalikan atau recovery – klik Copy


  5. Selamat mencoba

    WARNING :
    Untuk berjaga2 sebelum melakukan proses di atas harap melakukan backup data terlebih dahulu.
Aan@copyright

Tidak ada komentar: