sumber: http://ryan-w-pratama.blogspot.com/2011/12/contoh-pembuatan-brief-clien-dan.html
PERENCANAAN DAN STRATEGI KREATIF
PERENCANAAN DAN STRATEGI KREATIF
1. Profil
Perusahaan dan Analisis Situasi,
a. Profil perusahaan.
Gambaran riwayat perusahaan dan perkembangannya dari sejak berdiri sampai saat ini.
Gambaran riwayat perusahaan dan perkembangannya dari sejak berdiri sampai saat ini.
b.
Kondisi
Persaingan Produk
a) Gambaran
secara umum analisa kondisi pasar dan persaingan produk, nama kompetitor dan
market share.
b) Informasi
perilaku trend pembelian dan budaya konsumsi masyarakat thd kategori produk
c) Informasi
persepsi konsumen saat ini terhadap merek /produk klien dan pesaingnya
d) Top
of mind kategoriproduk.
STRATEGI
PEMASARAN
a. Produk
Uraikan aspek produk : kondisi dan penampilan fisik produk, kandungan produk dan manfaat kandungan, isi / volume, Jenis varian Produk, keuntungan Rational dan emosional produk, serta adakah perubahan yang baru dilakukan terhadap produk saat ini (jika ada).
Uraikan aspek produk : kondisi dan penampilan fisik produk, kandungan produk dan manfaat kandungan, isi / volume, Jenis varian Produk, keuntungan Rational dan emosional produk, serta adakah perubahan yang baru dilakukan terhadap produk saat ini (jika ada).
b. Harga
Uraikan Strategi harga yang diterapkan pada produk oleh perusahaan klien
Uraikan Strategi harga yang diterapkan pada produk oleh perusahaan klien
c. Tempat dan Distribusi
Uraikan strategi distribusi pemasaran yang dilakukan perusahaan klien
Uraikan strategi distribusi pemasaran yang dilakukan perusahaan klien
d. Promosi
Uraikan tentang kegiatan-kegiatan serta tema promosi yang pernah dilakukan oleh perusahaan dalam 1 tahun terakhir.
Uraikan tentang kegiatan-kegiatan serta tema promosi yang pernah dilakukan oleh perusahaan dalam 1 tahun terakhir.
ANALISA
SWOT PRODUK
Berikan analisa
tentang kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman dari produkdan perbandingan dengan
pesaingnya (min. 2 pesaing).
Selanjutnya
cantumkan apa kesimpulan analisis swot berupa kekuatan dan peluang dari produk
klien
TUJUAN PEMASARAN
Sebutkan tujuan pemasaran perusahaan
Sebutkan tujuan pemasaran perusahaan
STRATEGI KREATIF
a. Advertising Problem
Sampaikan permasalahan komunikasi pesan pemasaran yang hendak dipecahkan melalui program kampanye periklanan.
Sampaikan permasalahan komunikasi pesan pemasaran yang hendak dipecahkan melalui program kampanye periklanan.
b. Advertising Objective.
Sebutkan apa tujuan periklanan yang hendak dicapai melalui program kampanye yang dilakukan (jawaban atas masalah)
Sebutkan apa tujuan periklanan yang hendak dicapai melalui program kampanye yang dilakukan (jawaban atas masalah)
c. Target Audience
1. Demografi: (age, status, pendapatan, gender dsb)
2. Geografi (lokasi, local, regional, nasional)
3. Psychografi ( gaya hidup, loyalitas)
4. Profile Costumer
(sebut nama seseorang yang sesuai dengan kreteria TA/TM, uraikan profil, karakter, hoby, kebiasaan hidup, bagaimana dia mejalani keyakinannya, darimana ybs biasanya mendapatkan informasi tentang produk, bagaimana persepsinya terhadap produk, apa yang diharapkan dan diinginkan dari produk yang dikonsumsinya, dalam suasana dan kondisi yang bagaimana produk biasanya dikonsumsi dan bagaimana caranya mengkonsumsi produk.)
5. Insight ( rumusan Insight TA/TM)
1. Demografi: (age, status, pendapatan, gender dsb)
2. Geografi (lokasi, local, regional, nasional)
3. Psychografi ( gaya hidup, loyalitas)
4. Profile Costumer
(sebut nama seseorang yang sesuai dengan kreteria TA/TM, uraikan profil, karakter, hoby, kebiasaan hidup, bagaimana dia mejalani keyakinannya, darimana ybs biasanya mendapatkan informasi tentang produk, bagaimana persepsinya terhadap produk, apa yang diharapkan dan diinginkan dari produk yang dikonsumsinya, dalam suasana dan kondisi yang bagaimana produk biasanya dikonsumsi dan bagaimana caranya mengkonsumsi produk.)
5. Insight ( rumusan Insight TA/TM)
d. Positioning/Promise
(Sebutkan janji atau pernyataan positioning yang digunakan berupa satu hal tunggal yang ingin dipikirkan oleh konsumen terhadap merek produk
(Sebutkan janji atau pernyataan positioning yang digunakan berupa satu hal tunggal yang ingin dipikirkan oleh konsumen terhadap merek produk
e. The support / Reason why.
(Sampaikanapaatributproduk yang adasehinggadapatmendukungjanjimerek (positioning) atau value/benefit apa yang adapadaproduksehinggakonsumenharuspercayadenganjanji yang disampaikan).
(Sampaikanapaatributproduk yang adasehinggadapatmendukungjanjimerek (positioning) atau value/benefit apa yang adapadaproduksehinggakonsumenharuspercayadenganjanji yang disampaikan).
f. Brand Character
(Sebutkan bagaimana karakter merek/brand yang akan ditampilkan pada iklan)
(Sebutkan bagaimana karakter merek/brand yang akan ditampilkan pada iklan)
g. Thema / Ide Utama
Sebutkan tema utama kampanye periklanan dan alasannya.
Sebutkan tema utama kampanye periklanan dan alasannya.
h. Tone and Manner Communication
Sebutkan gaya bahasa, nuansa penyampaian pesan iklan
Sebutkan gaya bahasa, nuansa penyampaian pesan iklan
i.
Mandatories
Sebutkan hal-hal yang dipersyaratkan harus ada pada iklan oleh klien
Sebutkan hal-hal yang dipersyaratkan harus ada pada iklan oleh klien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar