Januari 14, 2013

Waduk Jatiluhur

*Review Wisata Indonesia*

Waduk Jatiluhur
                                 Nyaman, Tentram, Damai, dan Menakjubkan
Penampangan waduk dari aliran sungai

Sebelum tahun berganti Admin main ke Waduk Jatiluhur, yang terletak di Kecamatan Jatiliuhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Buat temen - temen yang belum pernah mampir kesini.. emm jangan ragu - ragu buat jadiin tempat ini sebagai tujuan wisata. Karena Waduk Jatiliuhur merupakan waduk terbesar di Indonesia loh.. ^-^

Waduk ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia dengan luas 8.300 ha. Waduk yang sangat luas ini sekiranya adalah sebuah danau yang terdiri dari beberapa pulau kecil dan tempat tambak ikan. Bendungan ini dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis, dengan potensi air sebesar 12,9 miliar m3/ tahun. Pada bendungan sendiri, terdapat 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW yang dapat memproduksi temaga listrik rata - rata 1.000 juta kwh setiap tahun (pengelola Perum Jasa Tirta II). Dan selesai 10 tahun kemudian, yaitu tahun 1967, peletakkan batu pertama kali oleh Presiden Soekarno. Peresmian dilakukan oleh presiden Soeharto pada tanggal 26 Agustus 1967.

Nelayan Waduk Jatiluhur
Waduk Jatiluhur juga berfungsi sebagai air irigrasi, air minum/ air baku, budi daya perikanan, dan pengendali banjir. Pemandangan yang luar biasa indah (bak sedang di antar pulau), waduk dijadikan sarana rekreasi yang memadai, penduduk menyediakan hotel, bungalow, bar, restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolom renang, ruang pertemuan, sarana permainan,sarana olahraga air, dan sebagainya. PT. Indosat juga mendirikan sebuah stasiun Satelit Bumi (sebagai sarana komunikasi internasional) yang dapat kita lihat dari waduk. 

Sedikit cerita, karena hari kerja (bukan liburan) Admin sendiri ketika bermain kesana hanya bisa merasakan rekreasi naik kapal ikan milik nelayan (harganya 120.000 seputarnya atau bahkan sepuasanya, ada juga yang paket murahnya yaitu 10.000/orang tapi harus nunggu 10 penumpang dulu baru kapalnya jalan =___=" ), makan es buah dan makan somay.. hehe

Oyak buat kendara mobil, waduk ini dapat kita kunjungi melalui Tol Purbaleunyi (Purwakarta - Bandung - Cileunyi), lalu keluar di Gerbang Tol Jatiluhur. Keluar tol sudah banyak petunjuk untuk menuju tempat wisata ini.

Dokumentasi Admin >>


sumber : jatiluhurdam.wordpress.com

Tidak ada komentar: