September 30, 2016

Review Wisata 'Museum Satria Mandala' Jakarta


Museum Satria Mandala terletak di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan. Jam buka pukul 09.00 s/d 14.30.  Museum ini diresmikan pada tahun 1972.

Museum ini menyimpan koleksi peralatan dan perlengkapan perang, seperti senjata, ranjau, rudal, torpedo, pesawat, mobil, meriam, helikopter, dan tank. Bahkan  beberapa  koleksi dapat kita sentuh secara langsung lho.. selain itu juga ada koleksi benda-benda berharga milik para Jendral RI, tanda-tanda kebesaran didalam pasukan Tentara dan diorama-diorama yang mengisahkan tentang perjuangan bangsa Indonesia mulai dari merebut kemerdekaan sampai mempertahankan kemerdekannya.

Okeh, sekarang cerita saya ketika berada di museum ini...


Pertama, kita akan di sugguhkan dengan pemandangan taman yang luas dilengkapi dengan beberapa kendaraan perang, ada yang original dan ada pula yang diorama seperti Kapal Dewa Ruci, Helikopter, Pesawat Tempur, Tank, dan kendaraan pengangkut tentara.

Loketnya terdapat dibagian kiri dari pintu utama, cukup dengan membayar harga tiketnya Rp. 4000,-/orang saja lho (Agustus, 2016). Next, kita dibukakan pintu untuk masuk museum dan dari ruangan inilah kita akan mulai menjelajahi Museum Satria Mandala yang mengisahkan sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia.

Ruang utama cukup besar berisikan lambang dan bendera milik Tentara Indonesia, ada juga teks Proklamasi yang tertulis diatas marmer, dan nama-nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, serta tak lupa Lambang Garuda dan Bendera Merah-Putih milik Indonesia. Lalu kita melewati lorong yang berisi diorama perjuangan bangsa Indonesia. Setelah itu, kita memasuki ruangan para Jendral Indonesia. Ada area dari Jendral Oerip Soemoharjo, Panglima Besar Jendral Sudirman, Jendral Besar A.H. Nasution dan  Jendral Besar H.M. Suharto. Disini kita dapat melihat barang-barang pribadi serta foto milik para Jenderal ini.

Setelah itu kita memasuki kawasan Tentara Indonesia, disini ada diorama perjuangan para tentara dalam merebut dan menjaga keamanan Indonesia, kegiatan yang dilaukan mereka, lalu ada juga seragam dan tanda-tanda kebesaran didalam dunia Tentara. Diruang berikutnya, kita akan diberi pengetahuan tentang siapa sajakah tokoh Panglima TNI.

Lanjut dari ruangan ini, kita turun kebawah melewati tangga dan selamat datang diruang persenjataan. Disinilah senjata-senjata dipamerkan, ada senjata hasil merebut pasukan musuh, milik tentara yang dibeli dari negara lain, dan ada pula senjata buatan pemuda Indonesia.

Puas dengan gedung pertama, kita lanjut ke gedung berikutnya yaitu gedung diorama.. ehmm sebenernya rada serem sih pas di lantai dua karena selain sepi, bagian ini juga kurang terawat. Padahal diorama-diorama disini sangat baguus sekali. Gedung ini isinya diorama semua, kisah-kisah sejarah Indonesia digambarkan disini, dari masa penjajahan, perjuangan merebut dan menjaga kemerdekaan, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan oleh tentara Indonesia.

Setelah puas bermain di dalam ruangan, sekarang waktunya kita keluar dan menikmati beberapa kendaraan perang yang terletak di area luar gedung seperti mobil tempur, tank, meriam, sampai pesawat dan kapal tempur milik Tentara Indonesia. Tapi sayang, bagasi pesawatnya lagi dibersihkan jadi hanya bisa ambil foto dari jauh.

Puaslah untuk belajar tentang sejarah Indonesia disini, karena benar-benar indah dan nyaman untuk kami (pelajar) mempelajarinya. Semoga lokasi ini tetap terjaga atau bahkan di renovasi agar lebih cantik dan nyaman untuk pengunjungnya ^-^

Seperti kata-kata Bung Karno, “JAS MERAH”, Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Dengan mengetahui sejarah bangsa Indonesia, maka kita sebagai anak bangsa dapat menghargai kehebatan dan jerih payah pendahulunya dalam membangun negeri tercinta ini.

  

 




Tidak ada komentar: