November 10, 2016

Review 'Vertical Limit' Movie

Film Verikal Limit ditulis oleh Robert King dan sutradarai oleh Martin Campbell. Film yang rilis ditahun 2000 ini berlatar belakang tentang upaya search dan rescue ditengah bayang-bayang situasi yang ekstrim.

Film ini mengisahkan seorang pendaki terkenal dan dihormati oleh banyak pihak bernama Royce Garret (Stuart Wilson). Ia pun memiliki dua keturunan yang memiliki hobi sama Peter Garret (Chris O'Donnell) dan Annie Garret (Robin Tunney). Sejak kecil pun keduanya dilatih untuk panjat tebing dan melakukan pertualangan di alam bebas. Hal ini dilakukan oleh Royce untuk membentuk kepribadian yang kuat dan tangguh bagi anak-ananya. Hingga kemudian, ia mengajak kedua anaknya untuk melakukan pendaian ke Monument Valley yang mengakibatkan ia harus mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan anak-anaknya akibat cuaca yang ekstrim. Hal inilah yang membuat anak-anaknya trauma, terutama Peter yang karena paksaan dari ayahnya harus memotong tali agar pengait masih mampu menahan beban mereka.

Waktupun terus berlalu dan kini Peter dan Annie telah tumbuh dewasa dan memiliki pilihan hidup masing-masing. Peter memilih untuk meninggalkan hobinya mendaki gunung dan bekerja sebagai seorang fotografer satwa liar. Sedangkan Annie tetap menjadi seorang pendaki gunung, karena baginya, kematian dari ayahnya membuat ia semakin meneguhkan keyakinan untuk bisa menjadi pendaki gunung yang tangguh dan ia pun menjadi terkenal. Hingga akhirnya, ia disewa oleh seorang milioner bernama Elliot Vaughn (Paxton) untuk menaklukan pegunungan Himalaya yang sangat terkenal memiliki medan sulit (kawasan K2, Karakoram Mountain Range, Pakista, puncak tertinggi kedua dan paling berbahaya) dan bertemu kakaknya, Peter, yang sedang memotret dikawasan Himalaya. Vaugh sendiri sudah pernah mencoba mendaki gunung tersebut, namun naas tragedi menjadikannya sebagai korban tunggal yang selamat dalam pendaian tersebut. Ia memiliki bantuan pendaki terkenal yaitu Tom McLaren (Nicholas Lea), aggota ekspedisi lainnya, dan Ali Nazir.

Sehari sebelum pendakian, mereka pun mengadakan pesta di base camp, namun kesenangan ini dipotong oleh Montgomery Wick (Scott Glenn), merupakan pemanjat terbaik didunia dan ternyata istrinya menjadi korban diekspedisi Vaugh sebelumnya, ia pun bertahun-tahun mencari jasad istrinya sehingga ia menjadi seorang yang terkemuka dikawasan itu.

Kisahpun dimulai, saat diketahui kondisi cuaca yang ekstim dan sangat mengharuskan mereka membatalkan kegiatan ini, namun kegilaan dan kekeras kepalaan sang milioner memaksa mereka untuk terus naik sehingga ia, Annie, dan McLaren pun akhirnya terjebak didalam jurang akibat pecahan es, sedagkan anggota ekspedisi lainnya tewas tertimbun longsor. Untung saja kontak radio yang entah berantah dapat mengirimkan pesan ke tim dibawah bahwa mereka masih ada yang hidup.

Peter yang mengetahui adiknya terjebak bersama milioner itu pun akhirnya nekat menjadi tim penyelamat, bersama Wick sang legenda Himalaya, sepasang adik-kakak Malcom dan Cyril (Le Marquand dan Mendelsohn), perawat bernama Monique Aubertine (Izabella Scorupco), dan seorang muslim Pakistan bernama Kareem Nazir (Alexander Siddig), sepupu Ali Nazir. Berdasarkan permintaan Wick, mereka memiliki seseorang kepercayaan di base camp untuk mengarahkan misi. Mereka pun membawa tabung nitrogliserin untuk membantu perjalanan.

Namun akibat tabung nitro yang meledak, terjadilah longsor salju yang menumbun Cyril dan menjebak Monique berada dibawah tepi tebing. Lalu terjadi lagi ledakan berikutnya, tabung nitro kembali bocor dan meledak, mengakibatkan tewasnya Malcom dan Kareem.

Sementara itu kondisi dibawah tanah, McLaren terluka parah dan kehilangan deksametasonnya. Annie pun berbagi dengannya, namun Vaughn menolak hal yang sama. Annie pun berusaha untuk mencapai tubuh dan ransel Ali untuk mengambil dex tambahan.

Ledakan nitro telah menguncag puncak tersebut dan akhirnya memberi kesempatan Wick menemukan tubuh istrinya didalam gletser. Wick pun menemukan fakta, bahwa Vaughn mencuri dex itrinya karena ia melihat dex istrinya kosong dan membiarkan istrinya mati terkena endema paru. Setelah lama berjuang, Monique pun akhirnya bergabung dengan Peter dan Wick dan mengaiskan malam di gunung tersebut.

Sementara itu di lokasi bawah , Annie jatuh tertidur dan Vaugh membunuh McLaren dengan jarum suntik dan mengambil dex untuk dirinya sendiri. Annie pun menjadi waswas.


Pagi harinya, Wick bangun untuk memberi tahukan Peter dan Monique bahwa mereka sudah mencapai tujuan mereka dan meninggalkan mereka karena ketidak percayaan mereka padanya. Nah baik datang, Peter berhasil menemukan posisi Annie dengan flare (dari darah). Peter pun menggunakan nitrogliserin untuk mebuka lubang akses ke Annie. Setelah lubang terbuka, Peter dan Wick turun kebawah dan mereka pun mengikat dirinya bersama korban, mereka pun perlahan ditarik keatas, namun sebuah batu es jatuh dan membuat pegangan mereka goyah. Atas dasar keinginan pribadi, akhirnya Wick memotong talinya dan mengakibatkan ia meninggal bersama Vaughn yang jatuh ke dasar patahan. Walau akhirnya Peter dapat menolong Annie, kesedihan pun melingkupi mereka. Lalu sepulihnya mereka, Annie dan Peter pun kembali bersama dan mereka membuat monumen untuk para korban yang tewas.

huhuuu~ nangis dan nangis deh yang dibuat film ini >~< sedih banget buat yang mau nonton langsung, langsung aja cari cd atau downloadnya.

Pesan dari film ini adalah Keyakinan dan Doa yang harus diutamakan, Kekuatan Cinta, Kesombongan yang harus dijauhkan, dan Kesetiakawanan.




Tidak ada komentar: